Senin, 03 Desember 2012

Indonesia Vs Singapura Membuat Sejarah Baru

Indonesia Vs Singapura Membuat Sejarah Baru - Indonesia kembali membuat sejarah lagi. Kemenangan pertama atas Singapura dalam gelaran Piala AFF! pada tanggal 28 November 2012 5hari yang lalu, Dari enam pertemuan terakhir di Piala AFF, Indonesia hanya meraih dua hasil imbang dan empat kali kalah.

Pelatih Nil Maizar membuat beberapa perubahan dalam susunan pemain. Total ada empat perubahan starter yang dilakukan Nil pasca pertandingan dengan Laos. Di sektor pertahanan, Fachrudin turun menggantikan Handi Ramdhan yang cedera. Di tengah, Elie Eiboy dan Vendry Mofu menjadi starter menggeser Andik serta Tony Cussel yang cedera paha. Di sektor depan, Rachmat Syamsudin turun sejak menit pertama.



Indonesia langsung memberikan tekanan begitu pertandingan dimulai. Oktovianus Maniani yang  beroperasi di sayap kiri nyaris mencetak gol setelah berhasil merebut bola dari kesalahan back-pass yang dilakukan pemain belakang Singapura. Sayang tembakan gelandang lincah asal Papua tersebut belum mengenai sasaran pada menit kelima. 

Namun, Indonesia terlalu terburu-buru dalam membangun serangan. Begitu mendapatkan bola di lini belakang, pemain langsung cepat melepaskan umpan panjang ke lini depan yang sering tak akurat.  Indonesia kembali melepaskan ancaman pada menit ke-21. Begitu menguasai bola dari umpan kepala Irfan Bachdim, Vendry Mofu melepaskan tembakan keras. Apes, bola tembakan gelandang Semen Padang tersebut masih bisa ditepis kiper Mohamad Izwan Mahbud. 


Singapura juga memiliki beberapa peluang untuk membobol gawang Indnesia. Berawal dari set piece, pemain Singapura berhasil melepaskan tembakan keras ke pertahanan Indonesia. Beruntung kiper Wahyu Tri masih sigap mementahkan peluang tersebut.

Di menit ke 42, Indonesia sempat mendapatkan peluang melalui Novan Setya. Sayang tendangan kerasnya berhasil ditepis kiper Singapura yang memang bermain apik sore hari ini. Hingga 45 menit dan tambahan waktu berakhir, skor 0-0 tetap bertahan menutup laga diparuh pertama.

Di babak kedua, Indonesia memasukan Andik Vermansyah dan Bambang Pamungkas. Masuknya kedua pemain itu, ternyata cukup memberikan dampak positif bagi Indonesia.

Terutama pergerakan Andik yang mampu beberapa kali, mengancam lini pertahanan Singapura.Dari segi permainan memang masih terlihat beberapa kelemahan Indonesia, salah satunya kebiasaan melepas umpan lambung. Dengan postur yang lebih tinggi, pemain Singapura mudah saja menghalau umpan-umpan lambung yang dilepas pemain Indonesia.


Skor 1-0 pun bertahan hingga peluit babak kedua dibunyikan wasit. Dengan hasil ini, Indonesia memperoleh poin total 4 dari hasil 1 kali imbang dan 1 kali menang.

Tidak hanya itu, Indonesia berhasil membalikan semua prediksi sebagian pihak yang beranggapan bahwa Singapura akan memenangkan pertandingan kali ini


0 komentar:

Posting Komentar